Jumat, 07 Juni 2013

Proposal Kegiatan Debat Sanitasi SMA Se-Bali



PROPOSAL KEGIATAN LOMBA DEBAT SANITASI SMA SE-BALI IKM JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
POLTEKKES DENPASAR

Dengan ini kami mengajukan proposal kegiatan lomba debat sanitasi SMA Se-Bali dengan rincian sebagai berikut :
I.                   Pendahuluan
1.      Latar Belakang
Ikatan Keluarga Mahasiswa ( IKM ) merupakan salah satu organisasi yang dikelola oleh mahasiswa Politeknik Kesehatan Denpasar. Keberadaan organisasi IKM ini khususnya di Jurusan Kesehatan Lingkungan telah merencanakan program kerja yang akan dilaksanakan.
Intervensi adalah upaya perubahan terencana terhadap individu, kelompok,maupun komunitas. Intervensi kesehatan adalah cara atau strategi memberikan bantuan kepada masyarakat (individu, Kelompok, komunitas). Intervensi kesehatan merupakan metode yang digunakan dalam praktik di lapangan pada bidang pekerjaan kesehatan dan kesejahteraan kesehatan. Proses untuk meningkatkan kemampuan orang dalam mengendalikan dan meningkatkan kesehatannya. Untuk mencapai keadaan sehat, seseorang atau kelompok harus mampu mengidentifikasi dan menyadari aspirasi, mampu memenuhi kebutuhan dan merubah atau mengendalikan lingkungan.
IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar mengadakan perlombaan debat sanitasi sebagai media siswa siswi SMA untuk beradu argumentasi. Dengan diadakannya lomba ini diharapkan muncul gagasan yang rasional terhadap berbagai masalah sanitasi yang  muncul di Indonesia.
Sebagai kegiatan yang dilaksanakan oleh IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar, diharapkan kegiatan ini mampu menarik minat siswa siswi untuk mengikuti pendidikan di Jurusan Kesehatan Lingkungan dan secara tidak langsung menjadi media pengenalan dan promosi Jurusan Kesehatan Lingkungan. Hal ini berpeluang untuk menyaring siswa-siswi yang memiliki kemampuan akademik yang baik untuk menjadi calon keluarga besar Jurusan Kesehatan Lingkungan.
Dalam rangka menyukseskan program kerja IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan tersebut, maka kami bermaksud menyelenggarakan kegiatan lomba Debat Sanitasi Se-Bali dengan tema ʽʽ Intervensi Sanitasi Sebagai Perlindungan Lingkungan dan Aset Kesehatan Masa Depan ʼʼ bertempat di Auditorium Poltekkes Denpasar yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Agustus 2013.

2.      Tujuan Kegiatan
Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan lomba debat sanitasi ini adalah sebagai berikut :
a.       Tujuan umum
Menggali pemikiran kritis antara peserta terkait dengan tema yang telah diajukan guna meningkatkan apresiasi terhadap upaya preventif kesehatan lingkungan ( Sanitasi ) melalui arguman dan atau opini serta membangun daya fikir yang kreatif peserta terkait tema yang diajukan.
b.      Tujuan Khusus
1)      Implementasi program kerja IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar.
2)      Memperluas wawasan peserta dan membangun sikap tanggap terhadap Intervensi Sanitasi Sebagai Perlindungan Lingkungan dan Aset Kesehatan Masa Depan.
3)      Meningkatkan kerja sama antar mahasiswa ( selaku panitia ) dan dosen ( selaku panelis ).
4)      Media promosi Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar.

3.      Dasar Kegiatan
Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar sebagai berikut :
a.       Program kerja IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar.
b.      Rapat pembentukan panitia lomba Debat Sanitasi SMA Se-Bali.
c.       Rapat kepanitian lomba Debat Sanitasi SMA Se-Bali pada tanggal 30 Maret dan 2 April 2013 tentang perencanaan teknis kegiatan.

4.      Definisi Kegiatan
Debat sanitasi yang diselenggarakan adalah implementasi dari program kerja IKM Jurusan Kesehatan Lingkungan Poltekkes Denpasar. Perlombaan dilakukan dengan pengadakan proses seleksi berdasarkan makalah yang disusun peserta sesuai tema yang telah ditentukan. Karya tulis akan dipresentasikan oleh perwakilan peserta dan kemudian akan dilakukan perdebatan antara peserta dan panelis dalam bentuk argumen dan atau opini rasional berdasarkan permasalahan yang berbentuk sesuai makalah yang diajuan peserta.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About